Sunday, 1 April 2012

Jogja Pilgrims Trip | 5 - 7 Mei 2012

Durasi      : 3D/2N
Start/End :  Kota Jogja
Kuota      :  6 - 10 org

foto koleksi sacredsites.com
Yogyakarta merupakan kota multikultur yang memberi ruang bagi berkembangnya agama-agama besar dan kepercayaan dengan damai. Hal ini dapat dilihat dari situs-situs pemujaan yang terdapat di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya seperti Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Borobudur candi Buddha yang hingga kini masih menjadi pusat ritual keagamaan Tri Suci Waisak bagi seluruh umat Buddha di Indonesia.

Selain kedua agama besar yang masuk ke Tanah Jawa pada sekitar abad ke 8 dan 9 tersebut, Yogyakarta juga welcome dengan masuknya ajaran Islam pada abad ke-15 dengan berdirinya Kerajaan Mataram Islam dibawah pimpinan Panembahan Senopati yang menempati wilayah Mentaok, di sisi Timur kota Yogyakarta dan beribukota di Kotagede. Meskipun wilayah kerajaam Mataram di bawah ajaran Islam dan Kejawen, namun Yogyakarta tetap memberi ruang bagi pertumbuhan agama lain, Pada tahun 1904, untuk pertama kali dilakukan pembaptisan terhadap 171 warga Progo Yogyakarta. Pembaptisan umat Katholik pertama di Tanah Jawa ini dilakukan oleh Romo van Lith SJ (1863 – 1926) pada tanggal 14 Desember 1904. Lokasi pembaptisan ini kemudian menjadi cikal bakal penyebaran ajaran Katholik di Tanah Jawa.

MATATOURS mengajak Anda mengunjungi situs-situs yang menjadi pusat sejumlah agama besar di Indonesia dengan semangat multikultur dan keberagaman.

ITINERARY (tentative)

Day 1: Sabtu, 5 Mei 2012

Jelajah KOTAGEDE. Menyusur kawasan heritage Kotagede tidak hanya mengajak kita mengagumi sejarah kerajaan Mataram Islam, tetapi juga pada keindahan arsitektur. Bangunan-bangunan rumah tinggal berarsitektur khas Kotagede masih banyak dijumpai di kawasan ini. Kita akan mengunjungi salah satu rumah khas Kotagede dan menikmati makan siang dengan menu tradisional bersama pemilik rumah joglo Kotagede. What a great momment!

Malam hari, menikmati wisata kuliner lokal (sate sapi kotagede, sate klathak imogiri, dll sesuai kesepakatan). Kembali ke hotel pukul 21.00 agar dapat beristirahat cukup karena esok harinya kita membutuhkan energi yang lumayan banyak.
 
Kotagede heritage trail...

Day 2: Minggu, 6 Mei 2012 (WAISAK DAY)


Setelah sarapan pagi di hotel, kita akan meluncur ke Borobudur lewat jalur Kalibawang - Kulon Progo. Kita akan singgah di situs Sendangsono yang konon dikenal sebagai Lourdess-nya Indonesia. Di sinilah untuk pertama kalinya pembaptisan orang Jawa oleh Romo van Lith pada tahun 1904. Meskipun merupakan kompleks pilgrim umat Katholik, namun kawasan Sendangsono terbuka untuk umum lintas agama. Kita juga bisa mengagumi mahakarya arsitektur Romo Mangunwijaya yang mendapat penghargaan arsitektur terbaik dari ikatan arsitek Indonesia, untuk kategori kelompok bangunan khusus pada tahun 1991.

Perjalanan dilanjut ke kompleks Candi Mendut untuk menyaksikan prosesi dari Mendut ke Borobudur yang berlangsung pada pukul 15.00. Prosesi ini dilakukan dengan berjalan kaki dari kompleks vihara Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Dalam prosesi ini akan diusung Air Suci dan Api Dharma, juga diikuti sejumlah kesenian tradisional.

Malam hari perayaan Waisak di Kompleks Candi Borobudur mulai pukul 19.00 - 22.00 Wib.

Day 3: Senin, 7 Mei 2012
Check out, kembali ke kota masing-masing



BIAYA Rp 970.000/org minimal 6 peserta

Biaya sudah mencakup:
  • Akomodasi twin-sharing hotel standard (apabila jumlah ganjil, maka ada satu kamar berisi 3 orang)
  • Makan siang dan malam sesuai program
  • Transportasi AC 
Biaya tidak meliputi:
  • Tiket masuk candi maupun kawasan lain di kompleks Mendut dan Borobudur 
  • Tips untuk driver & local guide 
  • Personal expenses
Pendaftaran & Info
silakan isi booking form di bawah ini atau via SMS 0818258438; email: trip@matatours.net dengan menulis nama,no hp, kota asal. Pendaftaran paling lambat tanggal 15 APRIL 2012 disertai pembayaran termin pertama Rp 500.000. Rekening akan diinformasikan setelah konfirmasi pendaftaran.